Pasang Ring Piston Motor Harus sesuai hati hati
Pasang ring di alur kepala piston memang mudah. Cuma biar gampang, part terdiri dari 3 ring di mesin 4-tak atau 2 ring di mesin 2-ketuk, tetap ada aturan.
jangan sampai terbalik susunan atau posisinya yang berakibat fatal.
“Paling rawan saat pasang ring kompresi yang terdiri dari dua macam ring. Pertama paling atas, lalu ring kompresi kedua adanya di tengah antara ring kompresi pertama dengan ring oli,” ujar Syahbani alias Ujang Bani, mekanik Bany Motor.
Ring kompresi pertama agak terang dibanding ring kedua.
Tugasnya menahan kompresi, juga menyalurkan panas pembakaran. Pasangnya yang ada tulisan menghadap ke atas.
harus di bagian dalam, tirusnya menghadap atass edang ring kompresi kedua, biasanya warna fisik agak gelap.
Bentuk lingkar luar atau bibir samping ring kompresi biasanya meruncing di bawah tugasnya menyapu pelumas di permukaan liner.
juga tidak bikin kotoran menumpuk di bawah ring. Makanya jangan sampai terbalik.
Berikutnya pasang ring ketiga atau ring oli.Terdiri dari susunan ring tipis atas (rel samping), ring gelombag (pengantar) dan diapit lagi ring tipis bawah.
tugasnya ring oli memberi pelumas pada liner, juga menyekap oli yang terlalu banyak di liner.
setelah ring dipasang ke seher dengan tahap susuan ring oli pertama kali, disusul ring kompresi kedua dan pertama,langkah berikut mengatur posisi celah ring di alur piston.
untuk minimalisasi kebocoran kompresi bila gap ring tersusun satu garis
Komentar
Posting Komentar